5 Jenis Makan Khas Batam Incaran Kuliners

5 Jenis Makan Khas Batam Incaran Kuliners

5 Jenis Makan Khas Batam Incaran Kuliners – Batam merupakan daerah terbesar di Kepulauan Riau yang menjadi kota industri yang sering di kunjungi para pelaku bisnis. Di samping itu, banyak pula wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang berlibur untuk menikmati kotanya. Tak terkecuali mencoba makanan khas Batam yang sayang di lewatkan. Biasanya mereka yang berkunjung ke Batam juga akan menghabiskan waktu menginap di resort dekat pantai, belanja bebas bea cukai, dan berwisata kuliner.

Mie Sagu Batam Morning Bakery

Alamat : Kepri Mall, Jl. Sudirman, Batam Kota
Jam Buka : 07.00 – 19.30 WIB

Seperti namanya, mie pada hidangan ini di buat dengan bahan dasar sagu yang membuat tekstur mie menjadi liat atau kenyal. Aroma sagu yang pekat bercampur dengan bumbu serta rempah-rempah yang istimewa membuatnya begitu di gemari banyak orang.

Baca Juga: 6 Restoran Terbaik untuk Wisata Kuliner di Batam

Berbeda dengan mie lain yang hanya memiliki rasa gurih, cita rasa mie sagu cenderung sedikit pedas. Olahan ni biasanya di sajikan dengan topping taburan tauge, telur, bakso, ikan, udang, atau tambahan lain sesuai selera.

Bingka Bakar Nayadam

Alamat : Ruko Puri Legenda Blok D1 No. 3, Batam Centre, Batam
Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB

Bingka bakar nayadam merupakan salah satu jajanan legendaris khas Batam. Jajanan legendaris ini juga bisa jadi oleh-oleh jika kamu berkunjung ke Batam. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan santan. Rasa manis dengan aroma khas yang timbul dari cara pengolahannya membuat kue ini begitu menggugah selera. Ada banyak varian yang bisa kamu coba seperti coklat, wijen, keju, buah naga, dan lainnya.

Luti Gendang Mak Rizki

Alamat : Jl. Tiban 1 (Simpang Princess Depan BNI), Sekupang, Batam
Jam Buka : 15.00 – 21.00 WIB

Tidak hanyakan hidangan utama, kamu juga bisa menikmati makanan khas Batam jenis kue yang sekilas mirip kroket. Isinya berupa ikan yang di masak menggunakan campuran khas tertentu, ada juga yang berisi abon ikan atau coklat.

Kamu bisa memilih rasa sesuai selera dengan harga yang sangat murah karena biasanya di jual dengan harga R2.000 an. Cemilan ini juga sebenarnya sangat populer dan bisa dengan mudah kamu temui bahkan di penjual pinggir jalan.

Es Pisang Ijo La Tansa

Alamat : JL. Tembesi, Buana Bukit Permata Mutiara No. 26, Tembesi, Sagulung
Jam Buka : 09.30 – 16.00 WIB

Sebagai penutup perjalanan kuliner, kamu harus mencoba es pisang ijo yang menyegarkan dan siap membilas mulut serta tenggorokan kamu. Minuman ini di sajikan dengan bahan dasar pisang berbalut adonan terigu hijau dan di banjiri kuah segar dan manis.

Nasi Lemak Mak Ngah Tanjung Riau

Alamat : Tj. Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam
Jam Buka : 07.00 – 22.00 WIB

Makanan khas Batam selanjutnya ada nasi lemak. Nasi lemak merupakan olahan yang bisa kamu temui di Batam karena banyak penduduk Melayu yang tinggal di sini. Nasi di masak menggunakan menggunakan santan kelapa sehingga rasa yang di hasilkan gurih dan sedikit berminyak sehingga di sebut nasi lemak.

Karena popularitasnya ini, kamu sebenarnya bisa dengan mudah menjumpai di pasar-pasar yang di sajikan dengan lauk seperti ikan bilis. Tak hanya di daerah dengan penduduk Melayu, kamu juga bisa menikmati sajian serupa di Jawa dengan sebutan nasi uduk.